TUGAS 8 APSI

Data Modelling Layanan Streaming Netflix


    Data modelling adalah proses yang digunakan untuk mendefinisikan dan menganalisis data yang diperlukan untuk mendukung proses bisnis dalam konteks sistem informasi yang spesifik. Model data berfungsi sebagai jembatan antara konsep bisnis dan bagaimana data disimpan secara fisik dalam sistem komputer. Model data bisa digunakan dalam berbagai konteks, termasuk dalam perancangan sistem database, pengembangan aplikasi, dan dalam konteks analisis data dan pengambilan keputusan bisnis. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa data yang disimpan dalam sistem dapat digunakan dan dikelola dengan efisien dan efektif. Model data biasanya didefinisikan dalam beberapa tingkatan abstraksi. Misalnya:


Conceptual Data Model (CDM) 

    Model ini mendefinisikan apa yang harus ada dalam struktur logika tanpa mempertimbangkan bagaimana data tersebut akan disimpan dalam database fisik. Ini biasanya melibatkan identifikasi entitas utama yang akan ada dalam sistem dan hubungan antara entitas tersebut. Berikut ini adalah CDM dari layanan streming Netlfix.


Logical Data Model

    Level ini mendefinisikan bagaimana data diatur dan bagaimana entitas berinteraksi satu sama lain. Model data logis biasanya didefinisikan dalam konteks model data, seperti model relasional. Berikut ini adalah LDM dari layanan streming Netflix.



Pysical Data Model

    Level ini mendefinisikan bagaimana data disimpan secara fisik dalam database. Ini termasuk detail seperti tabel, indeks, dan jenis data. Berikut ini adalah PDM dari layanan streming Netflix.




      Comments

      Popular posts from this blog

      Quiz 1 PBKK

      Tugas 3 PBKK